Heboh... Udang Raksasa Panjangnya 1 Meter

Fosil predator yang mirip udang dengan panjang satu meter ditemukan  di sebelah tenggara Maroko. Hewan tersebut memiliki ukuran terbesar di  jenisnya dan diperkirakan mendominasi laut pada zaman pra-dinosaurus  selama jutaan tahun.


Hewan yang disebut Anomalocaridid mirip  seperti udang dan sotong. Salah satu bagian di kepalanya menonjol dan  melingkar. Mulut mereka berlapis, membuka dan menutup seperti diafragma  kamera.
Anomalocaridid terbesar sebelum temuan ini berukuran 0,6  meter. Ukuran yang seperti itu saja sudah membuatnya hewan terbesar  dalam periode Cambria (542 hingga 501 juta tahun yang lalu)--saat  invertebrata banyak berevolusi menjadi berbagai hal.

Selain  ukuran, hal lain yang mengejutkan dari penemuan ini adalah usia fosil  yang terbilang muda, diperkirakan berumur 488 hingga 472 tahun yang  lalu. "Hewan ini ternyata bertahan hidup 30 tahun lebih lama dari yang  diperkirakan," kata Derek Briggs, Direktur Yale Peabody Museum, yang  turut serta pada studi.

Anomalocaridid menyebar luas pada saat  periode Cambria, tapi mulai tidak ditemukan pada era 510 juta tahun yang  lalu. "Apa mereka punah atau kita mencari di tempat yang salah?" kata  Briggs belum bisa menjawab misterinya. Ternyata, jaringan lembut rusak  sebelum terbentuk fosil. Khusus untuk fosil yang ditemukan di Maroko  ini, ilmuwan beruntung karena endapan di sekitarnya membuat hewan  terawetkan.

Anomalocaridid akhirnya memang punah dan tidak  menghasilkan keturunan modern. "Digantikan ikan dan predator laut lain,"  kata Briggs menjelaskan (kompas.com)

0 comments:

Post a Comment