Beli Kamera Lewat Facebook, Ditipu Rp 11 Juta


Sudah berkali ulang aksi penipuan dengan memanfaatkan jejaring sosial Facebook terjadi. Masyarakat juga sudah berkali-kali diimbau untuk waspada serta hati-hati. Namun tetap saja masih ada yang menjadi korban kawanan penipu ini.

Seorang pemuda asal Bumimulyo, Batangan, Pati, melapor ke Polrestabes Semarang. Pemuda bernama Nur Ikhsan (24) ditipu oleh kenalannya di Facebook yang mengaku bernama Alfian warga Pekanbaru. Ikhsan bermaksud membeli kamera merek Cannon.

Namun bukan kamera yang didapat, dia justru tertipu dan mengalami kerugian Rp 11 juta. Kepada petugas Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK), korban yang mempunyai hobi memotret ini mengatakan, dia kenal dengan Alfian di Facebook pada awal April lalu. Meski hanya bertemu di dunia maya, namun mereka cepat akrab karena sama-sama menyukai hobi photografi.

Hingga akhirnya pelaku menawarkan kepada Ikhsan sebuah kamera merek Cannon. Korban tertarik lantaran harga yang ditawarkan di bawah pasaran.
"Setelah tawar menawar akhirnya disepakati harganya Rp 11 juta. Perjanjiannya barang akan dikirim kalau uang sudah ditranfer ke rekening dia," kata korban. Jum'at (29/4).
Karena berhasrat untuk memiliki kamera yang diinginkan tersebut, korban lantas mentransfer uang yang diminta pada 26 April sekitar pukul 13.00.

Dia mentransfer melalui ATM BRI Syariah di Jalan Pandanaran. Setelah mentransfer, korban menghubungi dan memberitahu kalau uang sudah dikirim ke rekening yang telah disebutkan pelaku. Oleh pelaku, barang dijanjikan akan dikirim dua hari setelah uang diterima.

Akan tetapi setelah dua hari berlalu, barang tak kunjung datang. Begitu pula keesokan harinya. Korban mulai was-was. Dia berusaha menghubungi baik melalui telepon, sms, maupun Facebook.
Namun tidak pernah ditanggapi oleh pelaku. Korban pun panik dan sadar kalau ditipu. Korban lantas melapor ke Polrestabes Semarang atas peristiwa yang menimpanya.

0 comments:

Post a Comment