Kebijakan Pembatasan Subsidi BBM Tidak Jelas

Hingga saat ini pemerintah belum mengeluarkan kebijakan yang terkait dengan pengurangan subsidi BBM di tengah melambungnya harga minyak dunia. Pemerintah menyatakan akan berhati-hati dalam mengambil kebijakan terkait subsidi BBM agar lebih tepat sasaran.


"Kalau untuk BBM kita harus hati-hati, bukan berarti takut, artinya jangan semua kebijakan menimbulkan distorsi di pasar," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Jumat (29/4).
Dia menegaskan, pada dasarnya subsidi itu harus tepat sasaran yaitu hanya untuk masyarakat yang membutuhkan Karenanya, tambah dia, pemerintah ke depan harus menyusun satu roadmap agar subsidi BBM ini tepat sasaran.

"Sehingga kalau kita berbicara dengan DPR, menetapkan suatu kuota, subsidi, dan menetapkan juga anggarannya di dalam APBN, maka itu tepat sasarannya, tidak lagi over, karena akan memberatkan APBN kita. Apalagi dalam situasi di mana harga minyak dunia terus mengalami kenaikan dan ada ketidakstabilan harga," papar  Hatta.

Terkait pernyataan Menteri Keuangan Agus Martowardojo untuk menghapus premium, Hatta meminta hal itu akan dilakukan dalam waktu dekat. "Jangan melihat itu, omongan Pak Menkeu (Agus Martowardojo) jangan diartikan akan segera (premium akan dihapus), dalam konteks mencari subsidi yang tepat sasaran. Nggak gampang," ujarnya.

Hatta menilai, kehatia-hatian pemerintah untuk membatasi subsidi BBM, rupanya tak terlepas dari pengalaman pemerintah membatasi alokasi subsidi pupuk yang ternyata sangat sulit. Hatta menambahkan dalam kasus subsidi pupuk, pemerintah tidak mudah memberikan subsidi pada masyarakat dengan  tepat sasaran.

"Pernah di praktikkan di Karawang memberikan pupuk tepat sasaran dengan memberikan sejumlah dana, tidak gampang walaupun itu bisa berjalan, itu karena mobilitas masyarakat kita, enam bulan disini, tahun depan sudah pindah lagi," imbuhnya.

Karena itu pula, tambahnya, masalah single identification number (SIN) atau satu orang satu nomor kependudukan menjadi kunci dari rencana pemerintah untuk memberikan subsidi tepat sasaran. Termasuk diantaranya dalam hal pemberian subsidi bagi masyarakat yang membutuhkan, seperti subsidi pupuk maupun BBM.

0 comments:

Post a Comment