Arsitek Sensor Internet China Dilempar Sepatu

Seorang mahasiswa Wuhan University yang dikenal dengan nama online 'hanunyi' mendadak menjadi buah bibir. Itu setelah dirinya melemparkan sepatu kepada arsitek sensor internet China yang kerap disebut sebagai “Great Firewall” (dari sebutan Great Wall of China atau Tembok Besar China - red).


Para pengguna jejaring sosial di China memuji-muji hanunyi setelah melakukan aksi berani itu terhadap Fang Binxing, tokoh yang menjadi musuh pengguna internet di Negeri Tirai Bambu. Mereka bahkan menawarkan uang, tiket pesawat, makan malam gratis di hotel bintang lima, virtual private network (VPN) hingga layanan esek-esek demi membantu hanunyi emburu' Fang.
Beberapa laporan menyebutkan, Fang sebenarnya juga dilempari telur, meski serangan itu tidak berhasil mengenai dirinya. Pihak pemerintah sendiri tidak berkenan memberikan keterangan terhadap berita ini. Demikian disitat Yahoo News, Jumat (20/5/2011).

"Ketika saya memikirkan sepatu yang melayang tepat di wajah Fang, saya sangat bahagia," tulis salah satu pengguna Twitter, @gaodongmei, yang disinyalir menggunakan akses VPN mengingat situs mikroblogging itu diblok di China.

"Dia (Fang) adalah musuh dari semua netizen," tulis pengguna Twitter lainnya.

Namun seluruh komentar yang mengelu-elukan hanunyi itu tidak lama kemudian dihapus dari dunia maya, menggunakan sistem yang dikembangkan sendiri oleh Fang untuk mendeteksi informasi atau komentar yang bisa menjadi ancaman untuk pemerintah

Fang sendiri jelas menyadari kebencian yang dirasakan para pengguna internet di negaranya. Dalam sebuah wawancara di harian Global Times Februari lalu, Fang mengklaim bahwa dirinya rela menerima ‘siksaan’ sebagai bentuk pengorbanannya terhadap China.

Menurut Fang, ‘Great Firewall’ sangat dibutuhkan di China. Fang berkeras bahwa teknologi sensor di negara itu masih harus ditingkatkan. “Seperti halnya pengemudi yang tinggal menaati peraturan berlalu-lintas, masyarakat seharusnya tinggal melakukan apa yang diperintahkan,” tukasnya.

0 comments:

Post a Comment