Spanyol Diguncang Gempa, 10 Orang Tewas


Sebuah gempa mengguncang Lorca, sebuah kota kuno di Spanyol tenggara, Rabu (11/5). Gempa ini menyebabkan beberapa rumah runtuh, gereja-gereja bersejarah rusak parah dan sedikitnya menewaskan 10 orang.

Gempa bumi berkekuatan 5,3 skala richter itu berpusat di sekitar Murcia yang menjadi daerah wisata populer di Spanyol. Reruntuhan dari bagian depan sebuah gereja tua yang rusak parah beberapa jam setelah gempa, hampir membuat seorang wartawan televisi setempat cedera.

"Warga takut untuk kembali ke rumah mereka. Seluruh pusat Lorca mengalami kerusakan cukup parah. Ribuan orang tidak punya tempat tujuan," kata Rafael Gonzalez Tovar, juru bicara pemerintah pusat yang ada di Murcia Rafael.

Gambar di televisi lokal menunjukkan beberapa keluarga terlihat terguncang, anak-anak berkumpul di alun-alun pusat kota untuk menghindari reruntuhan bangunan berupa batu-batuan yang roboh dan memenuhi jalan.

Menurut data dari National Geographical Institute di Spanyol, gempa melanda sekitar pukul 18.47 waktu setempat. Sedangkan Badan Survei Geologi AS menyebutkan bahwa pusat gempa berada 1 kilometer di bawah tanah. Sebelumnya, gempa berkekuatan 4,5 SR telah menghantam kota yang tergantung pada hasil pertanian ini.

Menurut rencana, Wakil Perdana Menteri Spanyol, Alfredo Perez Rubalcaba akan mengunjungi wilayah yang dihantam gempa, Kamis (12/5) untuk melihat kerusakan yang terjadi pascagempa.

0 comments:

Post a Comment