Universitas Khusus Perempuan di Arab Saudi Diresmikan


Laporan kantor berita resmi Arab Saudi, SPA, Sabtu (14/5), menyebutkan, peresmian dilakukan Minggu (15/5) ini di Riyadh. Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul-Aziz secara resmi membuka universitas pertama milik negara khusus perempuan di negara Islam konservatif.

Universitas itu, Princess Noura bin Abdel-Rahman University for Girls, akan menawarkan mata kuliah seperti medis, farmasi, manajemen, ilmu komputer dan bahasa.
Universitas yang ramah lingkungan tersebut juga meliputi sistem transportasi berteknologi tinggi yang dilengkapi dengan kendaraan otomatis berpemandu komputer yang menghubungkan semua instalasi penting.
Negara yang kaya akan minyak itu memiliki sekolah negeri khusus perempuan dan beberapa perguruan tinggi swasta khusus perempuan.

Kaum perempuan di negara tersebut menghadapi kesulitan untuk masuk fakultas tersebut di universitas normal, tempat pemisahan gender diberlakukan secara ketat.
Kampus itu meliputi bangunan administrasi, rumah sakit dengan 700 bangsal yang dilengkapi dengan instalasi canggih, laboratorium, daerah permukiman yang meliputi akomodasi buat mahasiswa, serta dua klub olah raga, pusat konferensi dan pertokoan komersial.

0 comments:

Post a Comment