Kapsul Waktu Ditemukan di Australia


Sebuah 'kapsul waktu' berbentuk botol  yang berisi koin, koran dan memorabilia dari tahun 1800-an ditemukan di  wilayah Ballarat, Australia.

Sebuah paragrap dari buku sejarah  tahun 1887 berjudul 'History of Ballarat' dari William Withers, menyebut  bahwa Gubernur Henry Barkly telah mengubur sebuah botol berisi  informasi waktu saat itu di bawah air mancur Burke and Wills di kota  Ballarat pada tahun 1863. Demikian seperti yang dikutip dari ANI, Minggu (8/5/2011).

Sebelumnya  para ilmuwan masih belum yakin kalau botol tersebut masih berada di  lokasi tersebut, sampai akhirnya kapsul tersebut ditemukan setelah  melakukan penggalian selama tiga setengah jam.

"Kami tahu bahwa  botol tersebut berada di sana, tapi belum yakin, karena biasanya kapsul  waktu selalu berakhir di tangan pencuri. Jadi saya rasa botol ini  disembunyikan cukup baik," ujar arkeolog David Bannear yang melakukan  penggalian.

Sebelumnya botol tersebut dibuka dan isinya diganti  pada tahun 1867 dengan edisi terbaru koran The Star, hal tersebut  terlihat dengan kaca yang pecah di botol tersebut.

Akan tetapi  Bannear mengatakan kalau koin dalam botol tersebut masih dalam kondisi  baik. Diperkirakan kalau nilai dari koin tersebut adalah sekira USD50  ribu.

0 comments:

Post a Comment